Selasa, 11 Februari 2014

MATA HARI “The Greatest Woman Spy”

Mata Hari adalah nama panggung dari Margaretha Geertruida “Grietje” MacLeod Zelle (7 August 1876, Leeuwarden – 15 October 1917, Vincennes), seorang penari eksotis Belanda dan pelacur yang dieksekusi oleh regu tembak yang dituduh sebagai mata-mata selama Perang Dunia I.
Margaretha Geertruida Zelle lahir di Leeuwarden, Friesland di Belanda, anak tertua dari empat bersaudara dari Adam Zelle (2 Oktober 1840, Leeuwarden – 13 Maret 1910, Amsterdam) dan istri pertamanya Antje van der Meulen (21 April 1842, Franeker – 9 Mei 1891, Leeuwarden). Ayahnya memiliki sebuah toko topi dan berinvestasi dalam industri minyak dan menjadi cukup kaya. Pada tahun 1889 ayah Margaretha bangkrut dan orangtuanya bercerai. Ibu Margaretha meninggal pada 1891. Ayahnya menikah lagi di Amsterdam pada 9 Februari 1893 dengan Susanna Catharina ten Hoove (11 Maret 1844, Amsterdam – 1 Desember 1913, Amsterdam). Margaretha pindah tinggal bersama orang tua asuhnya, Heer Visser, di Sneek tapi tidak lama terus pindah kerumah pamannya di Den Haag. Pada usia 18 tahun Margaretha menikahi Kolonial perwira Angkatan Darat Belanda Rudolf John MacLeod (1 Maret 1856, Heukelum – 9 January 1928 Velp) di Amsterdam pada tanggal 11 Juli 1895. Ia adalah putra dari MacLeod John Brienen dan Louisa Dina Frijherrine Sweerts de Landas. Mereka pindah ke Jawa di Hindia Belanda sekarang Indonesia dan memiliki dua anak, Norman-John dan Jeanne-Louise. Pernikahanya berakhir dengan buruk karena suaminya adalah pecandu minuman keras yang membuat Margaretha frustrasi dan meninggalkannya sementara, hidup Bersama Van Rheedes yang juga seorang petugas Belanda. Selama berbulan-bulan ia belajar tradisi Indonesia, bergabung dengan sanggar tari. Pada tahun 1897 ia menggunakan nama panggung Mata Hari.

Atas desakan MacLeod Margaretha kembali kepadanya meskipun sikapnya tidak berubah. Anak mereka Norman meninggal pada tahun 1899 yang kemungkinan karena komplikasi pengobatan sifilis. Beberapa sumber menyatakan bahwa salah satu musuh Rudolf mungkin telah meracuni makan malam untuk membunuh kedua anak mereka. Setelah pindah kembali ke Belanda mereka berpisah pada 1902 dan bercerai pada 1906 dan anak perempuanya meninggal pada usia 21, yang kemungkin juga dari komplikasi yang berhubungan dengan sifilis). MacLeod kemudian menikah dua kali Pada tahun 1903, Margaretha pindah ke Paris, di mana dia tampil sebagai penunggang kuda di sirkus dengan menggunakan nama Lady MacLeod. Berjuang untuk mencari nafkah ia juga berpose sebagai sebuah model artis. Pada 1905 ia mulai terkenal sebagai penari eksotis saat itulah ia mengambil nama panggung Mata Hari. Ia berpose untuk foto provokatif dan berbaur di kalangan kaya. Mata Hari juga seorang pelacur yang sukses. Dia memiliki hubungan dengan pejabat militer berpangkat tinggi, politisi dan orang-orang yang berpengaruh di banyak negara, termasuk putra mahkota Jerman.

Double Agent
Selama Perang Dunia I Belanda adalah negara netral. Margaretha Zelle secara bebas melintasi dibeberapa negara. Untuk menghindari medan perang dia bepergian antara Perancis dan Belanda melalui Spanyol dan Britania dan gerakan-nya pasti menarik perhatian. Dia adalah seorang pelacur dikalangan perwira militer sekutu pada waktu itu. Ketika diwawancarai oleh petugas intelijen Inggris, dia mengaku bekerja sebagai agen intelijen militer Perancis, meskipun tidak ada konfirmasi pada cerita itu. Tidak jelas apakah dia berbohong apa tidak, dan pihak Perancis tidak mengakuinya. Pada bulan Januari 1917, atase militer Jerman di Madrid mengirim pesan radio ke Berlin melaporkan tentang mata-mata Jerman dengan kode nama H-21. Agen intelijen Prancis mengetahui dan mengidentifikasi H-21 sebagai Mata Hari. Pada tanggal 13 Februari 1917, Mata Hari ditangkap di kamarnya di Hotel Plaza Athenee di Paris. Dia diadili dituduh sebagai mata-mata Jerman yang menyebabkan kematian paling sedikit 50.000 prajurit. Dia ditemukan bersalah dan dihukum mati oleh regu tembak pada tanggal 15 Oktober 1917 pada usia 41. Biografi Pat Shipman’s Femme Fatale berpendapat bahwa Mata Hari tidak pernah menjadi agen ganda, ia digunakan sebagai kambing hitam oleh kepala kontra-spionase Prancis. Georges Ladoux telah bertanggung jawab untuk merekrut Mata Hari sebagai mata-mata Perancis dan kemudian ditangkap karena menjadi agen ganda sendiri. Fakta-fakta kasus ini tetap tidak jelas, karena dokumen resmi tentang eksekusi disegel selama 100 tahun, meskipun pada tahun 1985, penulis biografi Russell Warren Howe berhasil meyakinkan Menteri Pertahanan Nasional Perancis untuk membuka file tersebut. Terungkap bahwa Mata Hari tidak bersalah atas tuduhan spionase nya.

SANG PENARI YANG DITEMBAK MATI
Kisah hidup Mata Hari yang penuh liku ini, difilmkan dalam berbagai versi. Dari Mata Hari (1931), yang dibintangi oleh Greta Garbo; Mata Hari, Agent H21 (1964) versi Perancis oleh Jeanne Moreau, sampai film Mata Hari versi ketiga (1985), termasuk film Indonesia berjudul Sang Penari (2007), bintang nasional Tamara Bleszynski berperan sebagai agen rahasia ini, yang diangkat dari novel dengan judul sama, karya Dukut Imam Widodo.

  1. Nama Asli, Margaretha Gertruida Zelle
  2. Lahir, Belanda, 7 Agustus 1876
  3. Suami, Mayor Rudolph McLeod, seorang pwerira KNIL
  4. Alamat, Tinggal di daerah Indonesia di Ambawara, Tumpang (Malang), Banyu Biru dan Sindanglaya
  5. Meninggal, 15 Oktober 1917, ditembak mati oleh Legiun Macan di luar kota Paris.

Daftar Film tentang Mata Hari
  1. Sang Penari - (2007, Tamara Bleszynski)
  2. Mata Hari (1931)
  3. Mata Hari (1985, Sylvia Kristel)
  4. Mata-Hari (1964)(versi judul lain: "Mata-Hari, agente segreto H21")
  5. Mata Hari, la vraie histoire (2003) (TV)
  6. Fall Mata Hari, Der (1966) (TV)
  7. Mata Hari (1978)
  8. Mata Hari (1920)
  9. Mata Hari, die rote Tänzerin (1927) (versi judul lain: "Mata Hari" atau "Mata Hari: the Red Dancer")
  10. Caméra explore le temps: Mata Hari, La (1964) (TV)
  11. Mata Hari, mythe et réalité d'une espionne (1998)
  12. Operación Mata Hari (1968) (versi judul lain: "Operation Mata Hari")
  13. Dossier Mata Hari" (1967) (miniseri TV)
  14. Yo no soy la Mata-Hari (1949) (versi judul lain:"I'm Not Mata Hari")

sumber : wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemisahan antara Belgia dengan Belanda

Kerajaan Belanda Serikat (1815) B elanda dan Belgia dulunya adalah 1 negara. Saat itu, Perancis berbatasan dengan Belanda di sebelah selatan...